Merayakan Keberdayaan Perempuan , Menteri I Gusti Ayu Akan Hadir di Payungi Kota Metro

0
11

Kota Metro , MarLam — Minggu 28 November 2021 , I Gusti Ayu Bintang Darmawati ,S.E,M.Si Menteri Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak akan hadir di Payungi. Ada banyak kegiatan yang dilakukan diantaranya gelaran kuliner Payungi dengan lebih dari 50 pedagang perempuan, pameran lukisan tema feminisme yang menggambarkan potret perempuan dari berbagai sudut kehidupan, live mural dinding tentang wajah perempuan, Penghargaan 5 Perempuan penggerak Lampung, pameran Fashion Jan Ayu dari Linda Citra, Launching Sekolah Penggerak Perempuan Lampung sekaligus peluncuran *Buku Pemberdayaan Ekonomi Perempuan* dan terakhir dialog Menteri tema “Pemberdayaan Perempuan di Lampung.”

” Payungi sebagai Pasar kreatif memberi ruang bagi perempuan untuk terus tumbuh dan tangguh. Payungi sebagai lembaga ruang pendidikan transformatif memberikan porsi lebih bagaimana memuliakan perempuan dan bersama mereka bergerak kolaboratif,” terang Dharma Selasa (23/11/2021).

Sejak Payungi berdiri 3 tahun lalu kami mulai berkomitmen melaksanakan pesantren wirausaha setiap malam kamis dengan para pedagang mayoritas perempuan di Mushola yang kasnya digunakan untuk modal awal 3 tahun lalu.

” Kami belajar bersama ba’da isya’ dan mendengarkan motivasi tentang agama dan ekonomi. 1 tahun Payungi kemudian kami mendirikan *Payungi University* dalam fokus Pemberdayaan masyarakat yaitu *sekolah desa* dan sudah banyak berbagai kalangan belajar diantaranya kepala desa, komunitas, BUMN, dinas pariwisatav berbagai kabupaten dan tempat KKN dan PPL mahasiswa dari UM Malang, UIN Bandung, Polinela, UIN Lampung, dan lainnya ,” jelas Darma.

Lanjutnya ,”2 Tahun Payungi kami mendirikan *Women & Environment Studies (WES)* sebuah komunitas epistemik yang mengangkat isu kemandirian perempuan dan kepedulian terhadap lingkungan hidup. Sekolah Penggerak Perempuan sebenarnya sudah dilaksanakan komunitas WES sebanyak 2 kali dan minggu nanti kami launching sebagai wujud komitmen mendorong perempuan belajar,” ucapnya.

Terkait isu kekerasan seksual terhadap perempuan baik di masyarakat maupun perguruan tinggi, kami ingin menegaskan.

” Penting sekali kita semua peduli terhadap *keberdayaan perempuan*. Momentum kedatangan Menteri Pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak Ibu Bintang Puspayoga, untuk menegaskan peran besar perempuan dalam mendorong: pembangunan patut untuk dirayakan. Memuliakan perempuan di ruang publik dan terus membangun kesalingan, sinergi dan wujud kita semua *Merayakan Keberdayaan Perempuan* .” pungkas Dharma. (red)

sumber : Dharma Setyawan
*www.payungi.org*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here